Sabtu, 17 Januari 2009

Prinsip

Setiap orang punya nilai-nilai dan pandangan tersendiri terhadap suatu hal. Nilai-nilai itu bisa didapat baik dari nasehat, baca buku, berdasarkan pengalaman orang lain atau pengalaman sendiri. Tau sesuatu itu baik,ga baik, ambil hikmahnya, itu yang dijadiin nilai. Nilai yang paling kuat tertanam dalam diri itulah prinsip.

Tapi, Apa sih arti prinsip dan nilai yang kita pegang jadinya, kalau dalam keadaan paling terdesak,prinsip ini dilepas, semua hal yang berkaitan juga diabaikan, tidak satu pun tersisa?

Dalam Keadaan terdesak, bukan berarti benar-benar ga ada kemungkinan buat bertahan,kan?

dan bukankah kalau dilanggar, prinsip pun tinggallah sebatas kenangan indah yang pernah mampir di lidah aja kalo kaya gitu?

Mungkin jadi oportunis lebih baik? Lebih adaptable?

Atau memberlakukan prinsip, yang mana kaya operator seluler,prinsipnya sih tarif murah tapi “Syarat dan Ketentuan berlaku”?

Daripada jadi orang yang sok berprinsip?

Atau, mungkin dari suatu cobaan, akan muncul prinsip baru lainnya?

Yang lebih kuat? lebih oke?

Mungkin..... dan seberapa yakin nantinya prinsip baru itu ga akan dilanggar lagi?

Melanggar prinsip yang dipegang bukankah sama dengan menjilat ludah sendiri kah,seperti orang Jawa bilang?mau berapa kali “menjilat ludah sendiri” ,melanggar prinsip?

Atau setelah kita sadar telah melanggar prinsip yang pernah kita pegang, yang mana prinsip itu pada dasarnya baik, terus kita balik lagi ke prinsip itu?

Emangnya salah kalo istilahnya sadar telah ‘menjilat ludah sendiri’ kalo emang terbukti salah,mengakui, terus minta maaf?

Atau..ya kalo punya prinsip itu diem-diem aja, ga usah dibilang sama orang lain, jadi kalo tau diri melanggar, yang tahu diri sendiri, malu ya sama diri sendiri.

Atau, sekedar bermain di grey area aja dimana ga ada istilah hitam dan putih, sesuatu dijudge baik dan buruk, mencari jalan tengah, lebih .... safe?

Tapi,pada akhirnya,people put respect and trust on those who get and keep standing up for their own value until his/her last dying breath. Once someone betray their own value to others, it's gonna ruin people's respect and trust.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar